RENUNGAN HARIAN KELUARGA Yehezkiel 3:21 – Menyelamatkan Nyawa

0
28


Yehezkiel 3:21
“Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya ia jangan berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu.””
———————————————

RENUNGAN FIRMAN KRISTEN
RENUNGAN FIRMAN KRISTEN (YOUTUBE)

TRIBUNMANADO.CO.ID – Di dalam menentukan pilihan mana yang lebih penting dalam hidup, apakah harta kekayaan, jabatan atau nyawa? Kita perlu memahami tentang keberadaan manusia. Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan Roh. Tubuh manusia butuh makanan seperti nasi, roti, dan lain-lain.

Lalu jiwa manusia yang terdiri dari pikiran, kehendak dan perasaan, kebutuhannya antara lain: hiburan, cinta, kasih sayang, perhatian, kepuasan. Sedangkan Roh adalah nafas yang dihembuskan oleh Allah dan nantinya kembali kepada Allah, yang dibutuhkan Roh adalah firman Tuhan, karena manusia memiliki Roh maka dapat berkomunikasi dengan Tuhan, karena Tuhan adalah Roh.

Tubuh dan jiwa manusia harus dikuasai oleh Roh Allah, jika tidak, maka akan berantakan hidup ini. Sebab orang yang dikuasai Roh akan memunculkan buah-buah Roh: Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

Sebaliknya tubuh dan jiwa yang dikuasai oleh keinginan daging akan hidup dalam: Percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, dan sebagainya. (Bnd. Galatia 5 : 19-23)

Keadaan ideal yang sangat diharapkan terjadi dalam kehidupan keluarga Kristen dan persekutuan umat Tuhan adalah ketika dapat memperbaiki apa yang salah. Tidak ada satu keluarga ataupun persektuan gereja bahkan dalam lingkungan sosial masyarakat yang bebas dari kekurangan, kekeliruan dan kesalahan.

Tetapi ketika tugas penggembalaan itu dijalankan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif, kemudian ditindak lanjuti dengan tindakan nyata dengan perubahan-perubahan melakukan kehendak Tuhan maka keadaan akan menjadi semakin lebih baik. Lebih hebat

lagi kalau orang benar tetap menjalankan perintah tetap hidup dalam kebenaran. Maka akan terjadi apa yang terdapat dalam Yehezkiel 3:21: ”Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang yang benar itu supaya jangan ia berbuat dosa dan memang tidak berbuat dosa, ia akan tetap hidup, sebab ia mau menerima peringatan, dan engkau telah menyelamatkan nyawamu.” Tuhan memberkati kita. Amin.

DOA: Ya Tuhan Yesus kekasih jiwa kami, urapi kami dengan Roh–Mu yang kudus agar kami dapat terus hidup dalam keinginan Roh. Pimpin kami tetap melakukan apa yang benar di mata–Mu sehingga menuntun orang lain dan diri sendiri dalam keselamatan. Amin.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here