Revolusi – Tribunnewswiki.com

0
4


TRIBUNNEWSWIKI.COM- Revolusi adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung cepat, serta melibatkan poin utama dari dasar atau kehidupan masyarkat.

Di dalam revolusi, perubahan yang akan terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan.

Tolak ukur perubahan ini sangat relatif karena revolusinya dapat memakan waktu yang lama. Misalnya, revolusi industri di Inggris yang membutuhkan waktu puluhan tahun, tetapi dianggap ‘cepat’ karena dapat mengubah sistem pokok kehidupan seperti dengan masyarakat dan hubungan antara pekerja dan pengusaha yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

Revolusi membutuhkan upaya untuk memecah, merobohkan, dan membangunan sistem lama ke sistem baru sepenuhnya.

Revolusi selalu dikaitkan dengan dialektika, romantika, , logika, menjebol dan membangun.(1) 

Baca: De Jure

Ilustrasi revolusi, KST adalah kesatuan pasukan khusus Belanda yang terlibat di balik layar ketika masa-masa Revolusi Nasional Indonesia.
Ilustrasi revolusi, KST adalah kesatuan pasukan khusus Belanda yang terlibat di balik layar ketika masa-masa Revolusi Nasional Indonesia. (Wikimedia via Wikipedia)

– Revolusi Perubahan Cepat, bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam waktu singkat dan perubahan besar yang berdiri secara tunggal.

– Revolusi Perubahan Kecil, bentuk perubahan sosial yang tidak membawa dampak yang langsung dan berarti bagi masyarakat.

– Revolusi Perubahan Besar, bentuk perubahan sosial yang membawa dampak langsung dan berarti bagi masyarakat karena menyentuh berbagai aspek kehidupan seperti sistem kerja, hubungan sosial, stratifikasi masyarakat, atau sistem kerja.

– Revolusi Perubahan yang Dikehendaki, bentuk perubahan yang sudah diperkirakan atau direncanakan terlebih dahulu oleh pihak yang ingin mengadakan perubahan dalam suatu kelompok masyarakat.

– Revolusi Perubahan yang Tidak Dikehendaki, bentuk perubahan sosial yang terjadi diluar jangkauan pengawasan dan keinginan masyarakat.

– Revolusi Perubahan Struktural, bentuk perubahan yang sangat mendasar dan menyebabkan terjadinya reorganisasi struktur sosial masyarakat.

– Revolusi Perubahan Proses, bentuk perubahan yang sifatnya tidak mendasar karena hanya berupa penyempurnaan dari perubahan yang sebelumnya telah terjadi. (2) 

Baca: De Facto

1. Keinginan umum untuk mengadakan suatu perubahan, artinya dalam masyarakat ingin merubah kondisi yang ada ke kondisi yang lebih baik.

2. Adanya pemimpin untuk mengatur sebuah kelompok.

3. Setiap pemimpin harus siap ketika masyarakat ingin mengadakan perubahan.

4. Pemimpin juga harus memiliki tujuan yang jelas untuk masyarakat. Tujuan itu bersifat konkret dan bisa dilihat oleh marsyarakat, serta tujuan yang abstrak, misalnya perumusan suatu ideologi.

5. Adanya momentum untuk melakukan revolusi, yaitu suatu kondisi saat semua keadaan baik untuk memulai gerakan revolusi. Jika momentum (pemilihan waktu yang tepat) yang dipilih keliru, maka revolusi bisa mengalami kegagalan. (3) 

Baca: Front Demokrasi Rakyat (FDR)

(Tribunnewswiki.com/ Husna)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here