Rusun Pasar Rumput Wujud Kementerian PUPR Sediakan Hunian untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

0
6



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (20/9) merupakan komitmen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan hunian layak kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

Rusun yang dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Balai Jawa I, Direktorat Jenderal Perumahan sejak 2016 ini, berkapasitas 1.984 unit hunian dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) untuk mendukung aktivitas penghuni dan warga sekitarnya.

Keberadaan Rusun Pasar Rumput terletak yang di Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat berpenghasilan rendah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan rusun diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal ini merupakan bentuk perhatian dan keseriusan pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni bagi MBR.

“Tinggal di rusun bakal mengubah cara hidup kita. Harus banyak empati dalam menghuni rusun seperti menjaga kebersihan, ketenangan, dan kenyamanan. Setiap penghuni harus saling jaga,” kata Menteri Basuki dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Berkembang Pesat, LazMall Diklaim Tepat untuk Ekspansi Pasar dan Pengembangan Bisnis Secara Online

Untuk diketahui, Rusun Pasar Rumput dibangun oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan, Kementerian PUPR yang dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I mulai 2016 dan telah selesai sejak 2020.

Rusun Pasar Rumput menggunakan konsep mixed-use development dan memiliki 1.984 unit hunian tipe 36 yang terdapat di lantai 4 sampai lantai 25. Selain itu, pada lantai 1 rusun ini juga dibangun pasar dengan 318 kios dan 350 los, pada lantai 2 terdapat 649 kios, serta pada lantai 3 terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Saat meresmikan rusun, Presiden Jokowi mengatakan, keberadaan pasar dengan fasos dan fasum yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti pedagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya.

Rusun Pasar Rumput dapat meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan hunian nyaman dan layak huni yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Lokasi rusun sangat strategis berdekatan dengan jalur busway dan jalur kereta dapat memudahkan mobilitas sekaligus meningkatkan produktivitas para penghuni.

“Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik, terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas,” jelas Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden menuturkan, keberadaan rusun ini juga dapat menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here