Samia Suluhu Hassan – Tribunnewswiki.com

0
16



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Samia Suluhu Hassan adalah seorang politikus dan Presiden perempuan pertama Tanzania saat ini.

Samia Suluhu Hassan mulai menjabat menjadi Presiden Tanzania pada 19 Maret 2021setelah kematian Presiden Tanzania sebelumnya John Magufuli pada 17 Maret 2021.

Sebelumnya, Samia adalah wakil presiden dari John Magufuli yang terpilih dalam tiket CCM untuk masa jabatan kedua pada tahun 2020. (1)

Samia Suluhu Hassan lahir pada 27 Januari 1960 di Makunduchi, Pulau Unguja, Kesultanan Zanzibar, ayahnya adalah seorang guru dan ibunya mengasuh anak-anaknya dirumah. (1)

Samia bersekolah di Sekolah Dasar Chwaka di Unguja (1966 hingga 1968), Sekolah Dasar Ziwani di Pemba (1970 hingga 1971) dan Sekolah Dasar Mahonda di Unguja pada tahun 1972.

Baca: John Magufuli

Kemudian, dia melanjutkan di sekolah menengah Ngambo dan Lumumba pada tahun 1973-1975 yang berada di Unguja.

Pada tahun 1975, Samia Hassan melanjutkan pendidikan di Zanzibar Institute of Financial Administration (ZIFA) mengambil program Statistik.

Pada tahun 1986, Samia Hassan melanjutkan studi ke Institute of Development Management di Morogoro untuk program Public Administration.

Samia Hassan juga masuk di National Institute of Public Administration di Lahore, Pakistan, lalu pada 1991 di Institute of Management for Leaders, India untuk sertifikat kursus Manajemen.

Kemudian pada 1992, Samia kembali melanjutkan studi ke University of Manchester di London untuk mengambil gelar diploma pascasarjana di bidang Ekonomi.

Baca: Halimah Yacob

Kemudian pada 2004-2005, Samia mendapat gelar Magister Pengembangan Ekonomi Masyarakat dari program bersama Open University, Tanzania dan the Southern New Hampshire University, Amerika.

Samia Hassan menikah dengan Hafidh Ameir pada tahun 1978, pasangan tersebut memiliki satu putri dan tiga putra.

Samia Hassan pernah bekerja sebagai juru tulis di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan setelah lulus dari sekolah menengahnya. (2)

Samia juga bekerja di sebuah proyek yang didanai oleh World Food Programme (WFP) setelah lulus dari kursus manajemen pada 1992.

Baca: Megawati Soekarnoputri

Pada tahun 2000, Samia terpilih sebagai anggota khusus Dewan Perwakilan Rakyat Zanzibar, kemudian diangkat menjadi Menteri oleh Presiden Karume.

Pada tahun 2005, Samia kembali terpilih sebagai Menteri namun pada bidang protofolio lain.

Samia Hassan diangkat sebagai Menteri Negara Urusan Persatuan oleh Presiden Jakaya Kikwete setelah menang pemilihan untuk Majelis Nasional pada 2010.

Pada tahun 2014, Samia terpilih sebagai Wakil Ketua Majelis Konstituante yang bertugas untuk merancang konstitusi baru negara.

Pada Juli 2015, Presiden John Magufuli memilih Samia sebagai wakilnya untuk pemilihan presiden tahun 2015 dan pada 5 November 2015 dia menjadi wakil presiden wanita pertama Tanzania.

Baca: Kamala Harris

Pada pemilihan presiden selanjutnya tahun 2020, John Magufuli kembali bersama Samia Hassan sebagai wakilnya dan memenangkan pemilihan dengan partai Chama Cha Mapinduzi (CCM).

Namun pada 17 Maret 2021, Presiden John Magufuli diberitakan meninggal dunia karena serangan jantung.

Pada 19 Maret 2021, Sania Hassan yang menjadi wakil Presiden John Magufuli akhirnya dilantik menjadi Presiden Tanzania untuk jabatan lima tahun kedepan.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here