Stadion Bumi Wali – Tribunnewswiki.com

0
17


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Stadion Bumi Wali adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Stadion Bumi Wali dibangun sejak tahun 2018 dengan menghabiskan anggaran Rp 60 miliar.

Stadion Bumi Wali memiliki kapasitas 25.000 penonton.

Stadion ini berada di kawasan Tuban Sport Center (TSC), Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Persatu Tuban sudah menggunakan Stadion Bumi Wali sejak berlaga di Liga 2 musim 2019.

Pembangunan Stadion Bumi Wali dikarenakan Kabupaten Tuban menjadi tuan rumah Porprov VI 2019 bersama Lamongan, Gresik dan Bojonegoro. (1) (2) (4)

Baca: Stadion Demang Lehman

Baca: Stadion Kuta Asan

  • Status Pengelolaan Stadion

Stadion Bumi Wali sempat mengalami permasalahan perihal pengelolaan dan status operasionalnya pada tahun 2019.

Permasalahan tersebut membuat gaji pekerja Stadion Bumi Wali sempat mengalami keterlambatan pembayaran selama dua bulan.

Pemkab Tuban memiliki alasan kuat, lantaran stadion tersebut masih tanggung jawab PT Widya Satria, selaku rekanan yang mengerjakan proyek tersebut.

Sehingga Pemkab Tuban lepas tangan perihal gaji pekerja Stadion Bumi Wali yang belum dibayar.

Hal tersebut juga sempat membuat tim Persatu Tuban yang akan menggunakan Stadion Bumi Wali pada Liga 2 musim 2019 sempat was-was.

Namun, Pemkab Tuban selaku pemilik stadion pun mengamini jika Persatu Tuban akan menggunakan Stadion Bumi Wali selama kompetesi.

Manager Persatu Tuban, Fahmi Fikroni mengatakan, status penggunaan Stadion Bumi Wali oleh Persatu Tuban dengan status peminjaman.

Terkait pengelolaan stadion milik Pemkab Tuban tersebut, Fahmi Fikroni akan diupayakan kerja sama dengan dicarikan pihak ketiga, misalnya menggunakan PT Persatu.

Kabid Olahraga Disparbudpora Pemkab Tuban, Zainal Maftuhin menyatakan, pembahasan yang baru dicapai yaitu Stadion Bumi Wali digunakan sebagai home base Persatu Tuban untuk musim 2019. (2) (3)

Baca: Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Stadion Tuban Bumi Wali saat berlangsungnya laga uji coba Persatu Tuban menjamu Madura United, Sabtu (15/6/2019).
Stadion Tuban Bumi Wali saat berlangsungnya laga uji coba Persatu Tuban menjamu Madura United, Sabtu (15/6/2019). (TRIBUNMADURA.COM/M SUDARSONO)

Pemkab Tuban melibatkan PNS untuk pengecatan Stadion Bumi Wali pada Jumat, (21/6/2019), pukul 06.00 WIB.

Meski begitu, Pemkab Tuban mengklaim hal tersebut tidak mempengaruhi pelayanan publik di instansi milik Pemerintah Kabupaten Tuban.

Pegawai Pemkab Tuban tidak seluruhnya dikerahkan untuk melakukan pengecatan Stadion Bumi Wali, karena sebagian masih tetap harus ada yang menunggu di kantor pelayanan.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban, Rohman Ubaid mengatakan, memang dalam surat yang diedarkan Pemkab Tuban menyebut partisipasi PNS maupun Non PNS untuk mengecat tribun VIP-VVIP Stadion Bumi Wali.

Namun tidak seluruh PNS yang diajak untuk melakukan pengecatan stadion, agar pelayanan di masing-masing instansi harus tetap jalan.

Kegiatan pengecatan yang dilaksanakan ini merupakan partisipatif dari PNS Pemkab Tuban dan mendorong semangat gotong royong.

Partisipasi pegawai yang hadir dalam kegiatan tersebut diharuskan membawa kuas, sedangkan cat sudah disediakan di Stadion Bumi Wali. (4)

Baca: Stadion Sangkuriang

Stadion Bumi Wali Tuban selain menjadi kandang dari Persatu Tuban juga dapat digunakan oleh masyarakat Tuban untuk bermain sepak bola.

Karena Pemkab Tuban memang memperbolehkan masyarakat atau pihak lain yang ingin menggunakan Stadion Bumi Wali ini.

Diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2020, apabila digunakan untuk pertandingan persahabatan skala nasional, biaya yang harus dikeluarkan Rp 10 juta per pertandingan jika dilakukan siang hari.

Sedangkan bila pertandingan diselenggarakan malam gari, tarif sewa Stadion Bumi Wali adalah Rp 13 juta.

Akan berbeda pula bila stadion ini digunakan untuk pertandingan liga nasional, seperti Liga 1, 2, maupun 3, Harganya bervariatif.

Jika untuk laga siang hari, tarif sewanya adalah Rp 12 juta, Rp 10 juta, dan Rp 3,5 juta, sedangkan untuk malam hari adalah Rp 15,5 juta, Rp 13 juta, dan Rp 6,5 juta per laga.

Sementara untuk pertandingan sepak bola tingkat lokal, baik itu pertandingan persahabatan, uji coba, maupun kompetisi internal dihargai dengan biaya Rp 2 juta untuk siang hari dan Rp 5 juta per pertandingan untuk malam hari.

Sedangkan perlombaan atletik tingkat lokal, baik persahabatan ataupun kompetisi, biayanya Rp 1 juta saat siang hari, dan Rp 4 juta di malam hari. (5)

Baca: Persatu Tuban

(Tribunnewswiki.com/Khairul)

 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here