Stafsus BPIP Sebut Kecepatan Penyebaran Informasi Timbulkan Keterasingan Nilai Kemanusiaan

0
20



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo mengatakan pada era digital dan globalisasi di mana Informasi makin tidak terikat ruang dan waktu, keterasingan terhadap nilai-nilai kemanusiaan justru makin meningkat.

Padahal kecepatan informasi ini diharapkan dapat membawa manusia makin menjadi cepat mengerti mengenai perkembangan informasi di sekitarnya.

Sehingga, membuat ikatan empati dan kebersamaan sesama anggota masyarakat makin meningkat, bukan sebaliknya.

Hal ini diungkapkan Benny dalam acara seminar peran Generasi Muda dalam Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila melalui Media di Gedung Rektorat Universitas Nusa Cendana Kupang Nusa Tenggara Timur, Kamis (7/10/2021).

Acara yang diselenggarakan Universitas Nusa Cendana bekerja sama dengan Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ini dibuka Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Rima Agristina.

Baca juga: Stafsus BPIP: Pejabat Negara dan Elit Politik Harus Jadi Garda Terdepan Membumikan Pancasila

Dalam sambutannya, Benny menyatakan acara dilaksanakan untuk membuat bangsa Indonesia khususnya para pemuda dan mahasiswa dapat saling mengingatkan pentingnya menjaga nilai-nilai kebangsaan Indonesia yang tercakup dalam Pancasila.

“Agar dapat selalu lestari saat berkegiatan di ruang digital karena nilai-nilai Pancasila merupakan Identitas serta konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Benny.

Benny juga menyatakan keterasingan terhadap nilai kemanusiaan terjadi karena globalisasi lebih menitik beratkan pada kecepatan penyebaran informasi.

Bukan kedalaman isi dan manfaat informasi tersebut.

Baca juga: BPIP Nilai Desa sebagai Masa Depan Indonesia

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia

Editor: Adi Suhendi



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here