Tak Ada Deadline Surpres Calon Panglima TNI, tapi DPR Berharap Jokowi segera Menyerahkan

0
15


TRIBUNNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menyerahkan nama calon Panglima TNI hingga Senin (20/9/2021).

Padahal, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 mendatang.

Karena itu, anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, berharap Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI segera diserahkan sebelum Hadi Tjahjanto pensiun.

Kendati demikian, Christina mengatakan tak ada deadline terkait penyerahan Surpres calon Panglima TNI.

Namun, ujarnya, lebih cepat lebih baik karena mempertimbangkan semakin dekatnya masa reses DPR pada 7 Oktober mendatang.

Presiden Joko Widodo bersama tiga kepala staf TNI berolahraga pagi dengan berjalan santai mengelilingi Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/06/2020). Kepala staf TNI tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.
Presiden Joko Widodo bersama tiga kepala staf TNI berolahraga pagi dengan berjalan santai mengelilingi Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/06/2020). Kepala staf TNI tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (SEKRETARIAT PRESIDEN)

Baca juga: Alasan KSAD Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI: Punya Pendukung Kuat, Dinilai Mengerti Jokowi

Baca juga: Profil Letjen Eko Margiyono, Nama Baru Mencuat di Bursa Calon Panglima TNI, eks-Pengawal SBY

“Sebenarnya tidak ada deadline ya. Kalau kita berbicara peraturannya itu kan kita lihat Panglima itu pensiun bulan November.”

“DPR masa sidang akan berakhir 7 Oktober, sudah lumayan dekat,” kata Christina saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (20/9/2021), dikutip dari Kompas.com.

“Tapi sebaiknya, kami melihat itu disampaikan sebelum November kalau bisa,” tambahnya.

Kendati Christina mengatakan tak ada deadline mengenai Surpres calon Panglima TNI, menurutnya akan lebih baik jika diserahkan sebelum November.

Alasannya, agar calon Panglima TNI selanjutnya bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here