Taliban Larang Anak Perempuan Sekolah, Hanya Bisa Jadi Petugas Kebersihan Toilet Wanita

0
14


TRIBUNMANADO.CO.ID, AFGHANISTAN – Kehidupan perempuan di Afghanistan sejak pemerintahan berada di tangan Taliban semakin terpuruk. Tak bisa mengenyam pendidikan dan bekerja menjadi beberapa di antara larangan pemerintah berkuasa saat ini.

Sejak pemerintahan Afghanistan diambil alih oleh Taliban, wanita diperintahkan untuk meninggalkan tempat kerja mereka di beberapa daerah.

Perintah tersebut berbading terbalik dengan jaminan yang diumumkan Taliban ketika awal berkuasa bahwa mereka akan menghormati hak-hak perempuan.

Anak-anak duduk di depan sebuah rumah di desa Deh Qubad di distrik Maiwand, Provinsi Kandahar, Afghanistan, 27 September 2020.
Anak-anak duduk di depan sebuah rumah di desa Deh Qubad di distrik Maiwand, Provinsi Kandahar, Afghanistan, 27 September 2020. ((Foto: AFP))

Adapun imbas dari larangan bekerja bagi wanita, pegawai perempuan di pemerintah Kota Kabul telah dirumahkan.

Hanya wanita yang pekerjaanya tidak adapat dilakukan oleh laki-laki yang boleh tetap bekerja.

Perintah itu, yang diumumkan oleh penjabat Walikota Kabul Hamdullah Nohmani pada Minggu, secara efektif berarti wanita sekarang dilarang bekerja di pemerintah di ibukota Afghanistan.

Satu-satunya pekerjaan yang bisa dilakukan wanita untuk pemerintah Kabul adalah membersihkan kamar mandi wanita, menurut pengumuman tersebut.

Perintah itu membuat ratusan wanita kehilangan pekerjaan.

Nohmani mengatakan ada 2.930 orang yang bekerja untuk kotamadya, yang mana 27 persen di antaranya adalah wanita.

Baca juga: Bupati Bolmut Depri Pontoh Letakkan Batu Pertama Gedung Islamic Center

Baca juga: Resmi Bercerai, Tyas Mirasih dan Raiden Soedjono Sepakat Soal Harta Gono Gini

“Awalnya kami mengizinkan mereka semua untuk hadir pada tugas mereka tepat waktu, tetapi kemudian Imarah Islam memutuskan perlu untuk beberapa waktu pekerjaan mereka harus dihentikan,” kata Nohmani sebagaimana dilansir CNN.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here