Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

0
5


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai adalah taman nasional di Sulawesi Tenggara yang memiliki luas sekitar 1050 km2.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai mempunyai beragam vegetasi seperti hutan bakau, dengan ketinggian taman yang bervariasi.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1989, dengan terdapat berbagai flora dan fauna endemic.

anggrek TNRAW
Berbagai jenis tanaman anggrek di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai awalnya adalah sebuah kawasan hutan yang digunakan untuk hutan wisata khususnya sebagai taman berburu. (1)

Areal yang termasuk taman berburu meliputi Gunung Watumohai, diantara sungai Roraya dan sungai Langkowala yang luasnya sekitar 50.000 hektar.

Baca: Taman Nasional Wasur

Rawa Aopa mulai mempunyai status hutan suaka pada tahun 1980, setelah Menteri Pertanian menunjuk areal dengan luas 71.400 hektare ini sebagai cadangan hutan untuk cagar alam.

Pada tanggal 18 Februari 1983 mulai ada rencana pembentukan taman nasional di Sulawesi Tenggara yang akan diberi nama Taman Nasional Gunung Watumohai-Rawa Aopa.

Surat Pernyataan Menteri Kehutanan RI no. 444 tahun 1989 tentang taman-taman nasional akhirnya menyatakan TNRAW ditetapkan sebagai taman nasional pertama di Indonesia.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ditetapkan sebagai taman nasional bersama dengan Taman Nasional Bunaken dan Taman Nasional Way Kambas.

Baca: Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai terdiri dari areal hutan bakau, hutan rawa, padang sabana serta hutan tropis dengan daerah tertinggi berada di 981 meter diatas permukaan laut.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai terdapat sekitar 155 spesies burung dengan 37 spesiesnya adalah satwa endemic.

Jenis burung yang sangat unik adalah burung kacamata Sulawesi dengan ciri khas lingkaran mata di sekeliling matanya.

Burung kacamata Sulawesi ini sempat dinyatakan punah, namun kemudian kembali terlihat dan ditemukan.

Terdapat juga burung aroweli atau burung bangau susu putih yang juga tergolong sebagai satwa langka dan dilindungi.

Baca: Taman Nasional Lore Lindu

Selain jenis burung terdapat juga sapi, rusa, anoa dan babirusa di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Jenis tumbuhan di TNRAW diketahui berjumlah sekitar 323 spesies yang cukup mendominasi seperti, agel, bamboo berduri, pandan dan juga semak belukar.

Terdapat juga berbagai jenis teratai seperti teratai merah, teratai ungu, teratai putih serta teratai dengan warna yang mengikuti kondisi cuaca.

Jenis tumbuhan lain juga dapat dijumpai seperti bunga bakung, talas, rumput bulat, pandan berduri, pudak hijau, dan masih banyak lagi.

Baca: Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai berlokasi di Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Kolaka, dan Kabupaten Bombana. (2)

Jika akan memasuki kawasan TNRAW harus meminta ijin ke Balai Taman Nasional di Jalan Poros Bombana No. 157 Lanowulu, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan.

Akses menuju ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan jalur terdekat melaui Punggaluku ke Lanowulu dengan waktu tempuh 2 jam 30 menit.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here