Tugu McArthur – Tribunnewswiki.com

0
17



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Tugu MacArthur adalah sebuah tugu peringatan yang diambil dari nama Jenderal Besar Amerika, Douglas MacArthur.

Jenderal Douglas MacArthur merupakan seorang jenderal besar bintang lima asal Amerika, yang terkenal dengan strategi “loncat katak”.

Tugu MacArthur adalah tempat dibangunnya Markas Besar Umum Daerah Pasifik Barat Daya saat Perang Pasifik yang menjadi bagian dari Perang Dunia II.

Jenderal Douglas MacArthur dan pasukannya mendarat di Pantai Hamadi Hollandia (Jayapura) pada 26 April 1944, terkait penyerangan pasukan sekutu terhadap Jepang di Filipina. (1)

Jenderal MacArthur yang merupakan panglima besar pasukan sekutu memerintahkan pasukannya untuk mendirikan Markas Besar Umum Daerah Pasifik Barat Daya di Distrik Sentani.

Baca: Tugu Pensil

Kemudian dibangunlah tuggu MacArthur sebagai peringatan datangnya tentara sekutu dan tugu tersebut akhirnya dinamai dengan nama Jenderal MacArthur.

Selain kisah sejarahnya, Tugu MacArthur berada di Distrik Sentani dengan pemandangan Danau Sentani dan bukit-bukit yang berada di sisinya.

Deretan pegunungan, Danau Sentani serta Bnadara Internasional Sentani menjadi keistimewaan dari obyek wisata ini.

Terdapat juga gugusan pulau-pulau kecil di tengah Danau Sentani yang membuat pemandangan alam menjadi semakin indah.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tugu MacArthur adalah saat sore hari dengan menikmati senja dan keindahan matahari terbenam dari balik pegunungan.

Baca: Monumen Tugu Muda

Tugu MacArthur berlokasi di Distrik Sentani, yang berada di atas Ifar Gunung atau tepatnya berada dalam kawasan kantor Kodam XVII/Cendrawasih, di Jayapura, Papua. (2)

Tugu MacArthur dapat diakses dari Bandara Sentani kurang lebih selama 15 menit atau sekitar satu jam dari Kota Jayapura.

Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk menuju ke Tugu MacArthur, tetapi harus melapor dan meninggalkan kartu identitas ke pos penjagaan Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cendrawasih. 

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here