Tugu Pensil – Tribunnewswiki.com

0
4



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Tugu Pensil adalah sebuah tugu yang dibangun sebagai simbol pemberantasan buta huruf dan lebih mementingkan pendidikan bangsa Indonesia.

Tugu Pensil juga dimaksudkan sebagai penghargaan bagi Kepulauan Riau yang sudah membebaskan daerahnya dari buta huruf melalui program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) tahun 1960-an.

Peletakan batu pertama Tugu Pensil dilakukan pada tahun 1962 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Prijono.

Tugu Pensil dirancang oleh putra daerah, Ir Nizar Nasir, berbentuk tugu putih tegak berdiri dengan bagian atas seperti ujung pensil yang runcing dan bagian bawah diberi alas seperti segitiga terbalik. (1)

Di sekitar tugu dibangun taman kota bernama Taman Tugu Pensil dengan pepohonan rindang dan tampak tulisan ‘Tugu Pensil’ besar dengan prasasti Gurindam 12 karya Raja Ali Haji.

Baca: Tugu Ampera

Di taman Tugu Pensil ini juga terdapat arena olahraga seperti jogging track, lapangan voli, arena fitness, dan ada juga berbagai rumah makan atau kios-kios kecil.

Pengunjung atau wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit di laut sekitar Pulau Penyengat.

Pada sore hari juga wisatawan dapat menikmati matahari terbenam di laut sekitar Pulau Penyengat sembari bersantai maupun berolahraga.

Salah satu daya tarik utama adalah munculnya lumba-lumba dari laut bahkan terkadang ada yang terdampar di pantai sekitar Tugu Pensil.

Baca: Tugu Jong Soematra

Tugu Pensil berlokasi di Jalan Haji Agus Salim, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan berada di tepi laut Kota Tanjungpinang. (2)

Akses menuju ke lokasi Tugu Pensil dapat menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil dan juga dapat menyewa kendaraan.

Baca: Monumen Tugu Muda

Tidak ada ketentuan jam khusus untuk berkunjung ke taman Tugu Pensil ini, serta tidak dikenakan biaya apapun untuk memasuki area tugu ini.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here