Wabup Bolmut Amin Lasena Minta Pemerintah Desa Perkuat Kerjasama dan Sinergitas

0
24



TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Amin Lasena MAP meminta pemerintah desa untuk memperkuat kerjasama dan sinergitas dalam upaya membangun Desa di Kabupaten Bolmut.

Hal ini disampaikan Wabup Amin Lasena saat membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Penguatan Aparat Pemerintah Desa Dan Kecamatan se Kabupaten Bolmut, bertempat di Hotel Tri Putra, Senin (27/9/2021).

Wabup Amin Lasena pada kesempatan tersebut menyampaikan sebagaimana diketahui bahwa, kedudukan desa saat ini semakin diakui keberadaanya setelah terbitnya undang undang desa nomor 6 tahun 2014 tentang desa, khususnya terhadap dua azas utama yaitu, “Rekognisi” dan “Subsidiartis”. 

“Ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi desa untuk membangun dan menentukan prioritas pembangunannya sendiri sesuai dengan potensi yang ada di desa.

Dari sini kemudian muncul semangat baru yang seiring kita ungkapkan dengan filosofi Desa Membangun,” papar Lasena kepada tribunmanado.co.id, Senin (27/9/2021).

Dikatakan Wabup, dalam membangun desanya, pemerintah desa dapat menjalani kerja sama dengan desa lainnya ataupun dengan pihak ketiga dengan prinsip saling menguntungkan dan berorientasi kepada peningkatan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

“Diantarannya memperhatikan pentingnya ketersediaan air minum dan sanitasi untuk kehidupan yang layak menjadi agenda pembagunan nasional dalam mewujudkan akses universal air minum dan sanitasi,” sebut Lasena. 

Untuk itu, kata dia, penyediaan air minum dan sanitasi merupakan tanggung jawab semua pihak serta menjadi urusan wajib pemerintahan terkait pelayanan dasar sebagi pelaksanaan standar pelayanan minimal.

Tentang Bolmut

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here