WHO Tingkatkan Kesiapsiagaan Pandemi Influenza di Asia Tenggara

0
9



Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA – Beberapa Negara Anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Wilayah Asia Tenggara (SEAR) telah mendapat dukungan dari PIP Framework Partnership Contribution (PC) untuk membangun kapasitas mereka dalam kesiapsiagaan menghadapi pandemi influenza sejak 2014.

Apa yang dibangun selama ini menunjukan hasil yang luar biasa.

Setiap tahunnya, semakin banyak negara SEAR yang berbagi data virus influenza melalui jaringan dan platform global seperti Global Influenza Surveillance and Response System (GISRS), FluNet dan FluID.

Banyak negara telah menghitung dan menerbitkan perkiraan terkait beban penyakit nasional mereka.

Selain itu, banyak pula yang telah memperbaharui rencana kesiapsiagaan pandemi influenza mereka dan mengembangkan road map.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan persetujuan produk pandemi influenza secara tepat waktu.

Dikutip dari laman resmi WHO, Jumat (8/10/2021), selama setahun terakhir, kemajuan dalam pelaksanaan kegiatan PIP PC ini terhambat oleh lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di seluruh negara.

Baca juga: WHO Sebut Proses Persetujuan Sputnik V Akan Dibereskan

Kendati demikian, negara-negara terus meningkatkan kesiapsiagaan selama pandemi, mengadopsi pendekatan terpadu untuk melakukan kegiatan PIP PC sekaligus menangani pandemi Covid-19.

Keberhasilan selama setahun terakhir ini di antaranya pengintegrasian pengawasan terhadap Covid-19 dan influenza, serta membangun kapasitas laboratorium dalam diagnosis dan pengurutan genetik untuk Covid-19 dan influenza.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here