Wunmi Mosaku – Tribunnewswiki.com

0
18



TRIBUNNEWSWIKI.COM – Wunmi Mosaku adalah seorang aktris yang dikenal berkat perannya dalam miniseri BBC Two “Moses Jones” dan serial “ITV Vera”.

Wunmi Mosaku berhasil memenangkan BAFTA Awards untuk kategori Best Supporting Actress dalam perannya di film TV “Damilola, Our Loved Boy” pada tahun 2016.

Wunmi Mosaku juga memenangkan Penghargaan BIFA untuk Best Performance by an Actress dalam Film Independen Inggris “His House” pada tahun 2020.

Wunmi Mosaku lahir pada 31 Juli 1986 di Zaria, Nigeria, namun kemudian pindah ke Manchester, Inggris saat berusia satu tahun. (1)

Ayah dan Ibunya adalah seorang professor di Nigeria sebelum ke Inggris, kemudian ibunya memulai bisnis dan ayahnya kembali ke Nigeria.

Baca: Jean Smart

Wunmi bersekolah di Trinity Church of England High School dan lulus dari Xaverian Sixth Form College, kemudian lulus dari Royal Academy of Dramatic Art pada tahun 2007. 

Wunmi Mosaku memulai debut panggungnya dalam produksi drama “The Great Theatre of the World” di Teater Arcola pada tahun 2007. (2)

Kemudian, Wunmi muncul di “Rough Crossings”, “The Vertical Hour” , “Truth and Reconciliation” dan juga dalam drama “Mules”.

Baca: Gillian Anderson

Pada tahun 2009, Mosaku muncul dalam sebuah drama verbatim yang berjudul “Katrina” tentang sebuah Badai Katrina yang menghancurkan New Orleans.

Wunmi Mosaku tampil di pameran UNDEREXPOSED di National Portrait Gallery, bertujuan untuk meningkatkan profil panutan berkulit hitam dan merayakan bakat komunitas Black British pada 2008.

Pada tahun 2009, Wunmi berperan dalam BBC Two “Musa Jones” dan berhasil mendapatkan penghargaan Best Actrees in a Miniseries di Roma Fiction Festival.

Wunmi dinobatkan sebagai One of The Seven Fresh Faces di Toronto International Film Festival pada tahun 2010, untuk perannya di “I Am Slave”.

Baca: Julianne Nicholson

Wunmi memenangkan penghargaan seperti Best Actress di Birmingham Black Film Festival, Best Onscreen performance di Cultural Diversity Awards dan Best Female performance di Screen Nation Awards.

Wunmi Mosaku berperan dalam tiga bagian serial BBC “Capital” berdasarkan novel karya John Lanchester pada tahun 2015.

Wunmi muncul dalam “Playtest” pada tahun 2016, dan memenangkan BAFTA Awards pada tahun 2017 untuk Best Supporting Actress dalam film TV “Damilola, Our Loved Boy”.

Baca: Julia Roberts

Wunmi Mosaku juga berperan dalam beberapa film seperti “Leading Lady Parts” (2018), “Sweetness in the Belly” (2019) dan “His House” pada tahun 2020. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here